5 Hal Penyebab Dosa Kecil jadi Dosa Besar

Posted on Rabu, 08 Agustus 2012 by Ikhsan Nugraha


Saudaraku yang dirahmati oleh Allah, mungkin sedikit tulisan ini bisa sama2 mengingatkan diri kita semua khususnya diri saya pribadi akan dosa-dosa yang kita pernah lakukan baik itu dosa besar ataupun dosa kecil. Ketika terawih kemarin saya mendengar taujih yang  diberikan oleh seorang ustadz di masjid dekat rumah saya, taujih tersebut berisikan tentang 5 hal yang mengakibatkan dosa kecil berpotensi menjadi dosa besar.

Pada hakikatnya, manusia senantiasa tak luput dari yang namanya dosa. Meskipun manusia tersebut berlabel mubaligh, ustadz, atau bahkan sekelas ulama  sekalipun pasti tidak luput dari yang namanya dosa.  Diantara dosa2 tersebut  menurut para ulama dibedakan menjadi 2 macam, ada yang namanya dosa kecil ataupun dosa besar.




Dosa kecil sringkali kita lakukan karena memang kadangkala kita tidak menyadari telah melakukan dosa kecil, dosa kecil adalah dosa yang levelnya tidak terlalu tinggi artinya jika orang tersebut melakukannya maka tidak dijatuhi  hukuman diatasnya di dunia dan tidak mendapat azab dari Allah atas kemurkaan-Nya. Contohnya adalah  meliahat yang bukan mahram, bercakap di dalam masjid, berkelahi, guyonan yang kadang-kadang menyakitkan hati, dll. Akan tetapi dosa-dosa kecil yang kita lakukan bisa jadi diampuni oleh Allah atau terhapus dengan sendirinya manakala kita melakukan kebaikan-kebaikan. Karena dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yaitu :
“Solat lima waktu, solat jumaat hingga jumaat berikutnya dan ramadhan hingga ramadhan berikutnya menjadi penebus dosa-dosa (kecil yang berlaku) di sela-sela waktu tersebut selama dijauhi dosa-dosa besar”. (Riwayat Imam Ahmad, Muslim dan Tarmizi dari Abi Hurairah r.a.)
Jadi, dosa-dosa kecil yang kita lakukan bisa terhapus dengan sendirinya jika diiringi dengan kebaikan dan ibadah-ibadah yang kita lakukan.

Yang kedua diantaranya ada dosa besar.  Dosa ini bisa jadi mendapat hukuman had di atas dunia dan mendapat azab yang sangat pedih. Dosa besar ini tidak akan mendapat ampunan dari Allah SWT sebelum orang yang melakukan dosa tersebut bertaubat. Tetapi bertaubat secara sungguh-sungguh atau taubat nasuha. Diantara dosa besar itu antara lain ada syirik, membunuh, berzina, homoseks, dsb.

Namun saudaraku rahimakumullah, ada pula ternyata dosa-dosa kecil yang bisa berpotensi menjadi dosa besar. Apakah itu? Setidaknyaada 5 hal menurut Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumudidn yang bisa membuat dosa kecil menjadi dosa besar yakni :

1. Meremehkan dosa kecil yang kita lakukan
Terkadang mungkin ini sering kita lakukan yaitu meremehkan dosa kecil yang telah kita lakukan. Hal ini dikarenakan anggapan kita yang mengatakan bahwa dosa kecil akan mudahnya terhapus karena ibadah yang kita lakukan, atau anggapan bahwa "Ah, paling juga nanti terhapus dengan sholat saya". Hal ini yang membuat kita merasa enteng dengan melakukan dosa-dosa kecil. Namun bahayanya disini adalah apabila kita terlalu meremehkan atau menganggap enteng tersebut maka itu bisa menimbulkan kemurkaan Allah dan bisa menjadi dosa besar.

2. Melakukan dosa kecil secara terus-menerus
Ibarat pepatah mengatakan "Sedikit-sedikit nanti lama-lama menjadi bukit" begitupun dengan dosa kecil yang kita lalukan, bila semakin lama semakin banyak kita melakukan dosa kecil nanti lama-lama menjadi bukit pula dosa-dosa kecil kita, dam itu berpotensi menjadi dosa besar.

3. Merasa bangga dengan dosa
ada pula orang yang dengan bangga melakuakan dosa kecil tersebut, sehingga ia merasa puas atau nikmat dengan dosa yang telah ia kerjakan. Padahal seharusnya ia beristighfar karena telah melakukan kesalahan ini malah senang. Semisal ia bangga ketika membuang sampah sembarang dan merasa puas dengan hal itu, padahal membuang sampah sembarangan kita tahu dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

4. Melakukan dosa dengan pamer
Maksunya pamer dosa disini adalah meperlihatkan atau mempertontonkan dosa-dosa yang kita lakukan kepada umum. Atau melakukan dos dihadapan orang banyak tanpa ada perasaan malu sedikitpun. hal ini mungkin sering kita jumpai, banyak orang-orang yang melakukan kesalahan atau dosa lalu diperlihatkan kepada media-media, atau melakukan dosa meskipun kecil, misal mengerjai teman di kampus atau sekolah meskipun guyon tapi malah diupload di youtube. Hati-hati karena ditonton banyak orang, semakin banyak orang yang ngelike semakin banyak pula tabungan dosa yang kita perbuat, he.

5. Dosa yang dilakukan oleh orang alim
Ini yang mestinya kita sangat berhati-hati, semoga Allah senantiasa melindungi kita dari murkanya Allah, amin. Kadangkala kita yang yang berprofesi sebagai da'i atau orang yang dianggap alim sekalipun seperti aktifis dakwah masjid di kampus tak luput dari dosa. Justru malah ini yang berbahaya, karena kita sebenarnya paham akan tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena akan berdosa, tetapi tetapi malah kita sering melakukannya.

Intinya itu, jadi emang kesimpulannya kalau sudah dosa ya dosa, kita sebaiknya jangan terlalu terkotakkan dengan istilah pembagian dosa besar ataupun dosa kecil. karena pada hakikatnya segala hal yang kita lakukan ketika itu melanggar syariat Allah maka itu termasuk dosa. Berhati-hatilah dalam bertindak, karena dosa kecil pun bisa menjadi dosa besar toh, apabila kita melakuaknnya seperti yang dijelaskan diatas. Mumpung ini juga memasuki 10 malam terakhir, mari kita perbanyak beribadah dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Wallahua'lam. (Ikh)

0 Responses to "5 Hal Penyebab Dosa Kecil jadi Dosa Besar":