Elektro Untuk Kemajuan Bangsa

Posted on Senin, 29 Agustus 2011 by Ikhsan Nugraha


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah berkembang dengan pesatnya. Hal ini perlu diselaraskan dengan kondisi dari masyarakat yang harus selalu peka terhadap perkembangan teknologi informasi yang telah ada. Mengapa demikian? Jika tidak maka kita akan senantiasa menjadi orang yang tertinggal dari peradapan, karena kehidupan ini selalu dinamis. Terjadi perubahan terus dari waktu ke waktu.
Elektro, merupakan suatu cabang ilmu yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan teknologi informasi yang ada di dunia ini. Betapa tidak, cakupan ilmu yang sangat luas serta dinamisasi dari perkembangan teknologi itu sendiri mengakibatkan elektro memiliki andil yang cukup besar terhadap bangsa ini. Dunia Elektro selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, dari zaman ke zaman, sehingga kita hampir selalu menemukan inovasi-inovasi terbaru di bidang perelektronikaan dan itu menjadi parameter terkait maju tidaknya suatu bangsa. 
Dunia Elektro memang sangat luas. Kita tidak hanya berbicara tentang listrik saja, tetapi segala hal yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi pun tidak lepas dari dunia elektro.
Jika kita berbicara mengenai keterkaitan Elektro dengan bangsa ini tentunya kita bias menemukan korelasi bahwasanya dunia elektro khususnya jika berbicara masalah teknologi dan informasi sangat terkait dengan bangsa ini dan menjadi indikator terhadap perkembangan bangsa Indonesia ini. Jika kita telaah lebih dalam, dunia elektro ini sangat luas bidangnya. Contohnya di jurusan Teknik Elektro ITS saja terdapat cukup banyak bidang, dan itu berpengaruh terhadap kemajuan bangsa.
Saya ambil contoh di bidang komputer dan telematika terkait dengan penggunaan internet. Saya coba ceritakan mengapa dunia elektro khusunya penggunaan internet di Indonesia menjadi sebuah indikasi dari perkembangan teknologi informasi yang ada di bangsa ini. Jika di banding dengan negara tetangga seperti Malaysia, India, dan Singapura Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Internet maka Indonesia tertinggal jauh ( kecuali dalam beberapa hal, seperti misalnya penguasaan terhadap teknologi Telepon Internet - VoIP ). Tertinggalnya Indonesia dalam penerapan teknologi informasi dan komputer khususnya teknologi berbasis internet di banding negara-negara tetangga merupakan satu hal yang tidak aneh, karena kemampuan manajerial para birokrat Indonesia belum mampu mengendalikan suatu pekerjaan yang sifatnya rutin dan semuanya terlihat pada keadaan dimana hampir disemua lini infrastruktur, Indonesia sangat tertinggal dan dalam keadaan amburadul jika tidak ingin disebut menggenaskan, padahal dunia diberbagai belahan manapun saat ini sedang giat dan berlomba menerapkan teknologi informasi dan internet dalam berbagai bidang kehidupan, baik industri, pendidikan, pemerintahan, sosial kemasyarakatan dan sebagainya. Ini menjadi bukti bahwa perkembangan dunia internet di Indonesia masih cukup tertinggal, oleh karena itu peran kita di sini sebagai generasi muda untuk membangunya kembali.
Sedangkan jika kita lihat di bidang telekomunikasi, salah satu cabang ilmu dari elektro, saat ini memang sedang pesat-pesatnya industry telekomunikasi di Indonesia. Meskipun perekonomian Indonesia sedang kacau, tetapi tetap Industri yang satu ini masih tetap menunjiukkan tajinya. Telekomunikasi di Indonesia terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai contoh kita lihat teknologi HandPhone yang saat ini berkembang sangat pesat. Setiap tahun pasti ada saja hal-hal baru yang bermunculan dari dunia HP. Dahulu kita tidak pernah membayangkan ada yang namanya layar sentuh, tetapi nyatanya sekarang HandPhone seperti itu sudah menjamur di pasaran bahkan sekarang teknologi android yang dikeluarkan oleh merk-merk terkenal seperti Samsung dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan elektro di bidang Telekomunikasi bias mendorong kemajuan suatu bangsa khususnya Indonesia.
Satu hal lagi yang tidak boleh terlupakan dan juga berpengaruh terhadap kemajuan bangsa kita di bidang Elektro adalah dalam hal ketenagalistrikan. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kondisi kelistrikan di Indonesia masih belum merata 100 persen. Rasio elektrfikasi yang merupakan tingkat persentase daerah atau provinsi yang terpenuhi listrik sampai saat ini masih belum merata. Di satu sisi ada provinsi yang rasio elektrifikasinya mencapai 100 persen sepert Jakarta akan tetapi di sisi lain masih ada daerah atau provinsi yang rasio elektrifikasinya hanya sekitar tidak sampai 30 persen, seperti di daerah papua dan sekitarnya. Hal ini yang patut menjadi sorotan kita bersama.
Hingga saat ini Indonesia masih menggunakan bahan bakar fossil dalam hal sumber daya kelistrikan di Negara ini. Padahal jumlah sumber daya alam tersebut terbatas, dan jumlahnya lama kelamaan pasti akan habis. Oleh karena itu demi kemajuan bangsa di bidang teknik elektro terutama dalam hal kelistrikan, Indonesia harus bias memanfaatkan sumber daya alam yang jumlahnya tidak terbatas untuk bahan baku tenaga listrik. Sampai sekarang sumber daya potensial yang bias digunakan adalah panas bumi. Karena potensi panas bumi di Indonesia cukup banyak dan besar, tinggal kita bisa memanfaatkanya atau tidak. Selain itu kita juga perlu memanfaatkan teknologi yang namanya solar cell atau biasa disebut PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Meskipun cukup mahal, tetapi bisa menghemat sangat banyak jika dibandingkan dengan PLTU dengan batu bara.
Dari hal-hal diatas dapat disimpulkan bahwa elektro memang memiliki pengaruh yang sangat besar demi kemajuan suatu bangsa. Apabila di negara tersebut tingkat perkembangan di dunia elektronya kurang, maka negara tersebut akan menjadi negara yang tertinggal. Oleh karena itu Indonesia perlu menambah sarjan-sarjana di bidang Elektro, agar bangsa Indonesia semakin maju.

  

0 Responses to "Elektro Untuk Kemajuan Bangsa":