Sudahkah Hati Kita Terikat Dengan Al-Qur'an?

Posted on Rabu, 12 Oktober 2011 by Ikhsan Nugraha

Bismillah..
Allah Ta'ala berfirman :
"Kalau sekiranya kami menurunkan Al-Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat kepada manusia agar mereka berfikir." (Q.S Al-Hasyr : 21)


Sahabatku,, jika kita melihat keadaan orang-orang terdahulu yang shalih apabila mereka mendengar ayat2 Allah dibacakan kepada mereka, maka mereka benar2 memasang telinga untuk mendengarkannya, membuka hati untuk merenunginya, maka khusyuklah anggota badan mereka, merengganglah kulit mereka, lalu bergetarlah badan mereka dan menagis karena takut kepada Allah SWT.



Majelis Al-Qur'an adalah sebuah majelis ketaatan, ketundukan, serta ketawadhuan. Sebuah tempat yang tercurah kepadanya rahmat illahi, dan sebagai tempat persinggahan para malaikat, maka sudah seharusnya bagi pembaca Al-Qur'an agar selalu menghadirkan hati mereka untuk memahami dan mentadabburi arti dari ayat2nya, keindahan rangkaian kata2nya, dan juga senantiasa selalu memahami perintah2 dan larangan2nya, hingga jiwa ini menjadi bersih dan hati ini menjadi lembut. Dengan demikian ia akan selalu patuh terhadap perintah2 Allah, maka pada saat itulah iman kita akan bertambah setiap kali mendengarkan ayat2 Allah dibacakan, dan akan semakin bertambah pula keyakinannya.

Seorang muslim sejati adalah seorang muslim yang membaca Al-Qur'an dengan penuh penghayatan dan tadabbur hingga hati ini menjadi lembut, khusyuk jiwanya, merasuk ke dalam sanubarinya perasaan takut kepada Allah, takut kepada keagungan-Nya, takut kepada kepada kuasa-Nya sehingga timbullah suatu perasaan gembira yang mendalam di dalam lubuk hatinya.

Maka, agar hal itu terwujud, saya mengingatkan terutama kepada diri pribadi saya sendiri agar senantiasa fokus ketika kita sednag melafazhkan ayat2 Allah, hadirkan hati kita bahwa seakan2 kita sedang berinterksi dengan tuhan kita, Allah mengajak bicara kita dan hendaklah selalu perhatian terhadap ayat2 perintah dan larangannya.

Allah SWT berfirman :
"Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur'an ataukah hati mereka terkunci" (Q.S Muhammad : 24)

Semoga kita senantiasa diberikan Allah Ta'ala rahmat dan kekuatan untuk senatiasa bisa mentadabburi ayat2-Nya.


0 Responses to "Sudahkah Hati Kita Terikat Dengan Al-Qur'an?":